Rabu, 13 Agustus 2014

Perkembangan Sosial Media


 Sosial Media

Perkembangan Sosial Media
Melihat pesatnya perkembangan media saat ini, pantaslah jika sekarang masyarakat memiliki tingkat kebutuhan informasi yang sangat cepat. Tidak hanya itu, perkembangan media saat ini juga turut memberikan berbagai opsi kepada masyarakat untuk menikmati informasi dengan cara yang beragam. Hal ini pula lah yang mendorong perkembangan sebuah media baru yang dari tahun ke tahun semakin terasa efeknya.

Saya bukan bermaksud mengecilkan media-media konvensional semacam koran, televisi, dan radio. Tetapi semakin kesini media-media yang dulu bergerak hanya dalam satu koridor sekarang mulai merambah kepada koridor lainnya. Hal tersebut lumrah adanya karena kita tahu media tersebut sudah pasti mengikuti perkembangan teknologi yang ada jika tidak mau tergusur oleh media lainnya.
Berbagai perkembangan teknologi dalam media terutama media online sangat terlihat perbedaanya jika dirunut ke lima atau sepuluh tahun lalu. Sekarang tidak hanya bisa menikmati sekedar berita yang disajikan dalam format biasa, para penikmat media online pun bisa mengakses dalam bentuk PDF, koran online, majalah online, video streaming, hingga TV streaming.
Banyak media cetak diluar negeri yang memilih untuk pindah haluan dari percetakan menjadi serba digital. Bahkan banyak media cetak di Amerika sudah menghentikan produksi korannya dan beralih ke format PDF. Alasannya bahkan cukup kuat untuk meyakinkan para pelanggan media cetak mereka bahwa perpindahan dari media konvensional ke media digital ini yaitu untuk menghemat kertas dan pengurangan produksi limbah.
Di Indonesia sendiri sudah banyak website-website berita yang memiliki fasilitas untuk mengunduh file versi PDF dari majalah website tersebut. Tetapi di Indonesia belum ada media cetak yang beralih 100% menjadi media digital.
PERAN JEJARING SOSIAL SEBAGAI NEW MEDIA
Tidak hanya sampai situ, peran media jejaring sosial lambat laun semakin mengembangkan jurnalisme warga atau yang nama kerennya biasa disebut Citizen Journalism. Jurnalis warga memiliki peran yang cukup penting dalam memberikan kecepatan informasi yang memang sangat dibutuhkan dewasa ini. Bahkan salah satu televisi swasta juga membuat program yang mewadahi jurnalisme warga.
Mulai dari Twitter, Facebook, hingga blog semua dapat digunakan sebagai wadah jurnalisme warga. Peran Twitter dan Facebook saat ini bahkan bukan hanya untuk update status untuk sekedar eksis, tapi juga sebagai media informasi yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. NTMC Polri merupakan contoh institusi yang memanfaatkan keberadaan media jejaring sosial sebagai alat untuk memberikan informasi kepada khalayak.
Banyak website berita yang menawarkan fasilitas pembuatan blog pribadi yang dengan maksud tidak hanya mewadahi para blogger untuk menulis dan memposting tulisan-tulisan karyanya semata tapi juga sebagai wadah untuk mencetak jurnalis-jurnalis warga. Saya percaya bahwa keberadaan blog-blog dari website pemberitaan ini sedikit banyak membantu website tersebut untuk menajamkan pemberitaan yang ada di web tersebut.
Lalu media audio visual juga semakin berkembang dalam kapasitasnya sebagai pemberi informasi. Beberapa website banyak yang menyediakan video streaming bahkan ketika anda membaca berita anda juga dapat sekaligus langsung melihat tayangannya dari video yang berhubungan dengan berita tersebut di satu halaman.
Bahkan keberadaan YouTube sekarang ini juga makin penting sebagai sumber informasi. Sebagai penikmat tayangan YouTube saya cukup menikmati beragam informasi yang diberikan oleh beberapa channel yang saya subscribe. Bahkan dibeberapa sisi/aspek YouTube masih jauh lebih informatif dan mendidik ketimbang program televisi kita yang sejauh ini didominasi oleh tayangan tukang bubur paling terkenal se Indonesia dan ajang pencarian bakat.
Banyak program televisi yang bahkan menggunakan YouTube sebagai sumber utama konten yang mereka sajikan. Apakah akan terjadi pergeseran audiens dari televisi ke media YouTube? Mungkin sulit, tapi buan tidak mungkin akan terjadi. YouTube yang awalnya hanya sebagai media hiburan di dunia maya semata sekarang eksistensinya sudah semakin menanjak seiring keberagaman pilihan informasi yang ada di situs tersebut.
Semakin berkembangnya teknologi otomatis juga memberi dampak pada perubahan cara media menyampaikan informasi dan cara masyarakat dalam memilih informasi. Namun pertanyaannya adalah, apakah perubahan media ini dapat di rasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia? Apakah new media sekarang ini sudah menjadi pilihan tepat untuk masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat ketimbang media konvensional?
Semua kembali kepada anda. Bagaimana anda memilih dengan bijak, karena pada dasarnya baik media konvensional maupun modern, dua-duanya sama-sama memiliki kelemahan. Karena sekarang kita pun selain dituntut untuk mengikuti perkembangan media, kita juga harus cerdas dalam memilih dan mengkonsumsi informasi.

SUMBER
Sosial media mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, Jika pada tahun 2002 Friendster merajai sosial media karena hanya Friendster yang mendominasi sosial media di era tersebut, kini telah banyak bermunculan sosial media dengan keunikan dan karakteristik masing-masing.
Sejarah sosial media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.
Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.
Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. 
Pada tahun 2002 Friendster menjadi sosial media yang sangat booming dan kehadirannya sempat menjadi fenomenal. Setelah itu pada tahun 2003 sampai saat ini bermunculan berbagai sosial media dengan berbagai karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.
Sosial Media juga kini menjadi sarana atau aktivitas digital marketing, seperti Social Media Maintenance, Social Media Endorsement dan Social Media Activation. Oleh karena itu, Sosial Media kini menjadi salah satu servis yang ditawarkan oleh Digital Agency. (Berbagai sumber)
- See more at: http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html#sthash.fW2gGOtF.dpuf
Sosial media mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, Jika pada tahun 2002 Friendster merajai sosial media karena hanya Friendster yang mendominasi sosial media di era tersebut, kini telah banyak bermunculan sosial media dengan keunikan dan karakteristik masing-masing.
Sejarah sosial media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.
Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.
Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. 
Pada tahun 2002 Friendster menjadi sosial media yang sangat booming dan kehadirannya sempat menjadi fenomenal. Setelah itu pada tahun 2003 sampai saat ini bermunculan berbagai sosial media dengan berbagai karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.
Sosial Media juga kini menjadi sarana atau aktivitas digital marketing, seperti Social Media Maintenance, Social Media Endorsement dan Social Media Activation. Oleh karena itu, Sosial Media kini menjadi salah satu servis yang ditawarkan oleh Digital Agency. (Berbagai sumber)
- See more at: http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html#sthash.fW2gGOtF.dpuf
Sosial media mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, Jika pada tahun 2002 Friendster merajai sosial media karena hanya Friendster yang mendominasi sosial media di era tersebut, kini telah banyak bermunculan sosial media dengan keunikan dan karakteristik masing-masing.
Sejarah sosial media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.
Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.
Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. 
Pada tahun 2002 Friendster menjadi sosial media yang sangat booming dan kehadirannya sempat menjadi fenomenal. Setelah itu pada tahun 2003 sampai saat ini bermunculan berbagai sosial media dengan berbagai karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.
Sosial Media juga kini menjadi sarana atau aktivitas digital marketing, seperti Social Media Maintenance, Social Media Endorsement dan Social Media Activation. Oleh karena itu, Sosial Media kini menjadi salah satu servis yang ditawarkan oleh Digital Agency. (Berbagai sumber)
- See more at: http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html#sthash.fW2gGOtF.dpuf
Sosial media mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, Jika pada tahun 2002 Friendster merajai sosial media karena hanya Friendster yang mendominasi sosial media di era tersebut, kini telah banyak bermunculan sosial media dengan keunikan dan karakteristik masing-masing.
Sejarah sosial media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.
Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.
Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. 
Pada tahun 2002 Friendster menjadi sosial media yang sangat booming dan kehadirannya sempat menjadi fenomenal. Setelah itu pada tahun 2003 sampai saat ini bermunculan berbagai sosial media dengan berbagai karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.
Sosial Media juga kini menjadi sarana atau aktivitas digital marketing, seperti Social Media Maintenance, Social Media Endorsement dan Social Media Activation. Oleh karena itu, Sosial Media kini menjadi salah satu servis yang ditawarkan oleh Digital Agency. (Berbagai sumber)
- See more at: http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html#sthash.fW2gGOtF.dpuf
Sosial media mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, Jika pada tahun 2002 Friendster merajai sosial media karena hanya Friendster yang mendominasi sosial media di era tersebut, kini telah banyak bermunculan sosial media dengan keunikan dan karakteristik masing-masing.
Sejarah sosial media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.
Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.
Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. 
Pada tahun 2002 Friendster menjadi sosial media yang sangat booming dan kehadirannya sempat menjadi fenomenal. Setelah itu pada tahun 2003 sampai saat ini bermunculan berbagai sosial media dengan berbagai karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.
Sosial Media juga kini menjadi sarana atau aktivitas digital marketing, seperti Social Media Maintenance, Social Media Endorsement dan Social Media Activation. Oleh karena itu, Sosial Media kini menjadi salah satu servis yang ditawarkan oleh Digital Agency. (Berbagai sumber)
- See more at: http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html#sthash.fW2gGOtF.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar